Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Pelaksanaan Visitasi Reakreditasi Daring di MTs. Manbaul Ulum


    ACMA MediaAkreditasi sekolah adalah serangkaian kegiatan penilaian (asesmen) sekolah/madrasah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah.

    Masing-masing asesor melaksanakan tugas sebagai berikut : (a) Visitasi ke sekolah/ madrasah, (b) Menggali data dan informasi sesuai dengan penilaian akreditas, (c) Memberikan nilai sesuai perangkat akreditas, (d) Menyusun laporan hasil visitasi, (e) Meyusun rekomendasi, dan (f) Menyampaikan laporan hasil dan rekomendasi.

    Selama 2 hari tim asesor memeriksa dan memberikan penilaian delapan standar sekolah dan melakukan visit ke ruang kepala sekolah, kelas, ruang guru, perpustakaan, ruang laboratorium, asrama putra-putri, ruang BK, ruang UKS, ruang kesiswaan, ruang sarana dan prasarana, dan ruang tata usaha.

    akreditasi kedua tahun ini menjadi pilot projects dalam akreditasi secara daring, telah melakukan berbagai persiapan.Langkah pertama yang harus di lakukan dalam penilaian ini  adalah dengan meng-upload dokumen IPR (lndikator Pemenuhan Relatif) dan Dokumen Sekolah yang di upload.

    Pada Jumat dan Sabtu (17-18/09/2021) lalu, MTs. Manbaul Ulum Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 06 Serpong  telah dinyatakan memenuhi syarat assessment atau dinyatakan lulus asesmen kecukupan. Pelaksanaan dilakukan asesmen lapangan (visitasi) oleh asesor yang ditugaskan oleh BAN-S/M provinsi secara daring, dengan menggunakan perangkat akreditasi Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020.


    Kegiatan visitasi akreditasi daring dilakukan di ruang pertemuan dengan diawali dengan pembukaan yang di pimpin oleh kepala madrasah Ust. Hafiz Abdullah, S. Pd dan tim asesor yaitu Helly Prihatiningsih (Kota Tangerang) dan Muhammad Nurhaula Huddin, M.Sc (Kota Serang). Dalam acara pembukaan, tim asesor mengucapkan terima kasih kepada madrasah yang telah menerima tim asesor dengan sangat baik serta berharap pelaksanaan visitasi dapat berjalan lancar.

    Menurut Helly Prihatiningsih, penilaian dalam visitasi daring dilakukan melalui berbagai tehnik antara lain wawancara dengan warga sekolah/madrasah, telaah dokumen, penyebaran angket/kuesioner, penggalian data, serta pendalaman hal-hal khusus terkait komponen dan aspek akreditasi.


    Kegiatan hari pertama visitasi daring adalah presentasi profil sekolah/madrasah, penggalian data IASP dengan narasumber kepala madrasah dengan metode wawancara dan telaah dokumen, penggalian data IASP dengan narasumber kepala tata usaha, penggalian data IASP dengan narasumber tiga orang guru (guru PKn, guru IPA, dan guru BK), penggalian data IASP dengan narasumber orang tua siswa dan komite madrasah.

    Kegiatan hari kedua visitasi daring adalah observasi penilaian proses pembelajaran dilakukan di tiga kelas berbeda dengan mata pelajaran yang berdeda yaitu matematika, bahasa inggris dan bahasa indonesia. dilanjutkan dengan pengisian angket/kuisioner siswa dan wawancara kepada beberapa siswa. dan dilanjutkan dengan pengisian berita acara oleh tim asesor, menyampaikan rekomendasi dan masukan untuk kemajuan madrasah.


    Semua  informan ini telah berhasil menjawab dengan sangat baik atas semua pertanyaan dari tim asesor. Ibu Pengasuh Pesantren Asshiddiqiyah 06 Serpong sebagai yayasan yang menaungi MTs. Manbaul Ulum, Ibu Nyai Hj. Ita Widiya Nugraha, SE mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang membantu dalam menghadapi penilaian tersebut. 

    “Khususnya kepada dewan guru dan karyawan serta staf tata usaha MTs. Manbaul Ulum, yang telah bekerja keras dan bekerja sama dalam mensukseskan akreditasi kedua tahun ini. semoga MTs. Manbaul Ulum bisa mempertahankan predikat Terakreditasi A, seperti tahun 2014 lalu kita meraih predikat A dengan jumlah nilai 90,00. Kali ini semoga nilai kita bisa naik dan predikat A kembali kita raih” tuturnya. 


    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728