Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Kuliah Akhlak


    Ya, ar-roohatu fii tabaadulil a’maal الراحة فى تبادل الأعمال. Begitulah nasihat sekaligus pesan yang sering kali digemakan kepada para santri. Setiap tahunnya di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 06 Serpong, para santri memang mendapatkan kesempatan liburan semester 1 dan 2 sebagaimana mestinya dan libur semester ganjil mulai 24 Desember 2022 s/d 11 Januari 2023. 

    dan sudah menjadi sunah pesantren sekaligus agenda rutin di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 06 Serpong, bahwa menjelang perpulangan liburan, seluruh santri dan asatidz berkumpul bersama di masjid untuk mengikuti Kuliah Akhlak. Sepanjang pelaksanaannya selama ini, Kuliah Akhlak memang dilaksanakan setiap menjelang perpulangan liburan guna pengarahan serta penyampaian pesan dan nasihat liburan bagi para santri yang umumnya disampaikan oleh Pengasuh dalam sebuah forum perkumpulan formal.

    Kuliah Akhlak bertujuan untuk mengingatkan kepada seluruh santri agar dapat mengisi waktu liburan mereka di rumah dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan tetap menerapkan ilmu-ilmu serta kebiasaan-kebiasaan baik selama di pondok pesantren, termasuk dalam hal menjaga dan memperhatikan etika atau adab kesopanan dalam bermuamalah dengan keluarga dan masyarakat.

    Pesan Ibu Pengasuh dalam Kuliah Akhlak:

    Assalamu'alaikum wr wb

    Anak-anakku Santriwan/santriawati Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 06 yg Umi kasihi dan cintai. 

    Tak terasa waktu begitu cepat belalu… tiba saat nya kita berpisah tp perpisahan kita  utk bertemu kembali, bertemu di awal tahun baru diawal semester baru dan tentunya dgn semangat yg baru. 

    Wahai anak2 ku yg ummi sayangi pesan umi utk kalian semua selama kalian menikmati liburan bersama keluarga tercinta tetap jadikan Masjid Sebagai Pusat Kegiatan dan Sholat Berjamaah. 

    Jangan  Jadikan Liburan Sebagai Masa Balas Dendam Kalian selama dididik di pesantren, memanfaat waktu semaksimal mungkin. Hanya sedikit waktu yang tidak produktif, selebihnya kalian isi dengan hal-hal yang positif seperti ibadah sholat berjamaah, sholat sunnah, qiyamullail, puasa sunnah, tilawah Al-Qur’an, menuntut ilmu, saling bershodaqoh sesama teman, dan berbagai bentuk kebaikan lainnya yang kalian lakukan. 

    Gunakan waktu liburan kalian utk menghabiskan waktu bersama org tua  dan keluarga yg waktu tersebut akan berkurang apabila kalian sdh kembali ke pesantren. Dan tetap jaga akhlak kalian dimanapun kalian berada krn sebaik2nya manusia ialah yg berakhlak mulia. 

    Demikian pesan-pesan yang bisa ummi sampaikan, semoga hari-hari libur ini kalian bisa manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Doa ummi selalu menyertai dimanapun kalian berada semoga kelak kalian menjadi GENERASI YANG JAUH LEBIH BAIK Aamiinn yaa robbal’alamin 

    Wassalamu’alaikum wr wb"

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728