Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MTs. Manbaul Ulum


    Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data yang dikerjakan oleh kepala madrasah pada setiap indikator pemenuhan standar.Terkait dengan kegiatan penilaian kinerja kepala madrasah tersebut, Ditjen Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga pendidikan Madrasah menyusun petunjuk teknis Penilaian Kinerja Kepala Madrasah yang kemudian ditetapkan melalui SK Ditjen Pendis Nomor 1111 tahun 2019.
    Dalam pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM), Madrasah Tsanawiyah (MTs) Manbaul Ulum mendapatkan jadwal penilaian pada hari Senin tanggal 06 November 2023. Untuk tim penilai MTs Manbaul Ulum adalah tim penilai dari Kemenag Kota Tangerang Selatan yaitu Drs. Fuzi Fauzi, M.Pd dan Dra. Izzi Farhani Noor
    Kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) dibuka dengan sambutan Kepala Madrasah Bapak Hafiz Abdullah, S.Pd., dalam sambutanya ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim penilai PKKM 2023 atas kedatangannya di MTs. Manbaul Ulum serta harapan adanya saran dan masukan apabila nantinya dalam proses penilaian masih ditemukan kekurangan untuk perkembangan madrasah kedepannya. acara dilanjutkan ke poin utama yaitu Penilaian Kinerja Kepala Madrasah.


    Kinerja kepala madrasah, sebagaimana juknis dinilai berdasarkan 5 komponen penilaian. Kelimanya terdiri atas empat tugas utama kepala madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan. Sehingga kelimanya meliputi :
    1. Usaha pengembangan madrasah,
    2. Pelaksanaan tugas managerial
    3. Pengembangan kewirausahaan
    4. Supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan
    5. Hasil kinerja kepala madrasah
    Empat komponen penilaian tugas utama kepala madrasah dinilai setiap tahun, sedangkan penilaian komponen kelima (hasil kinerja kepala madrasah) dinilai setiap empat tahun sekali.
    Setelah Penilaian setiap komponen selesai dilakukan, acara ditutup dengan evaluasi dari tim penilai, dalam hal ini kedua penilai memberikan pesan dan saran untuk evaluasi PKKM selanjutnya, kemudian kegiatan PKKM ditutup dengan doa. Alhamdulillah kegiatan PKKM hari ini berjalan dengan lancar hingga akhir acara.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728